Breaking News

Selasa, 05 April 2016

PEMKAB PRINGSEWU GELAR MTQ KORPRI KE-II

Pembukaan MTQ KORPRI ke II
Pemerintah Kabupaten Pringsewu kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri Kabupaten Pringsewu II tahun 2016, Setelah sukses menggelar MTQ Korpri yang petama di tahun 2015 lalu. Kegiatan yang dipusatkan di halaman pendopo kabupaten setempat, Selasa (5/4) dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs.A.Budiman PM, MM didampingi Ketua MUI Pringsewu KH.Hambali dan Ketua TP-PKK Hj.Nurrohmah Suja MTQ diikuti sebanyak 243 qori-qoriah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pringsewu dan instansi pemerintah lainnya baik perwakilan SKPD, kecamatan, serta UPT Dinas di seluruh Kabupaten Pringsewu.
MTQ bagi PNS yang ke dua kalinya diselenggarakan di Kabupaten Pringsewu dan yang hanya baru di gelar di Provinsi Lampung ini diikuti oleh perwakilan instansi dan dinas yang ada di Kabupaten Pringsewu dan di laksanakan mulai hari ini Selasa (5/4) dan berakhir hingga Kamis (7/4) dengan memperlombakan 2 cabang lomba yaitu Tilawatil Quran dan Murottal Hafalan Surat Pendek.
MTQ Korpri Kabupaten Pringsewu kali ini dibuka Sekdakab Pringsewu Budiman di Pendopo Kabupaten Pringsewu yang ditandai secara simbolis dengan menerbangkan balon MTQ KORPRI ke udara, di dampingi Ketua MUI Pringsewu KH.Hambali dan Ketua TP-PKK Hj.Nurrohmah Sujadi, diikuti sebanyak 243 peserta dari perwakilan seluruh satuan kerja, 9 kecamatan dan UPT serta perwakilan dari aparat pekon, Selasa (5/4).

Menurut Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Pringsewu Emil Riady, maksud digelarnya MTQ Korpri tersebut adalah meningkatkan minat baca dan kecintaan terhadap Al-Quran serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anggota KORPRI di Kabupaten Pringsewu. Selain itu juga sebagai ajang untuk memperkuat ukhuwah sekaligus diharapkan mampu merubah pola pikir prilaku dan sikap Aparatur Sipil Negara Kabupaten Pringsewu ke arah lebih baik, berupa sikap, tutur kata dan amaliyahnya sehingga akan terwujud abdi negara yang amanah, jujur, dan berakhlak mulia sesuai tuntunan Al-Quranul Karim.
“Dengan MTQ Korpri ini, diharapkan para aparatur sipil negara akan lebih cinta kepada Al-Quran sebagai pedoman hidupnya, serta meningkatnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, disamping sebagai ajang pembinaan serta silaturahim diantara sesama aparatur sipil negara. Termasuk sebagai sarana untuk berkompetisi dan mengembangkan bakat dan minat di bidang tilawah bagi para aparatur sipil negara,” ujarnya.
Bupati Pringsewu Sujadi yang diwakili Sekertaris Daerah Kabupaten Pringsewu dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan MTQ Korpri Kabupaten Pringsewu yang ke dua kalinya ini digelar mengemban misi yang sangat strategis dalam rangka penguatan pembangunan akhlak manusia sekaligus wahana untuk mencetak generasi qurani yang akan membawa pembaharuan menuju kehidupan masyarakat yang Baldatun Thoyyibatun Warobbun Ghofur, terutama MTQ Korpri, dimana dari seluruh kabupaten kota di Provinsi Lampung, hanya Pringsewu satu-satunya daerah yang menggelar MTQ yang dikhususkan bagi para Aparatur Sipil Negara, yang tidak lain merupakan wahana untuk mencetak para Aparatur Sipil Negara yang qur’ani.
Aparatur yang qur’ani, menurutnya bukan semata sebagai aparatur yang sadar akan kewajiban agamanya dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber panutan baik dalam melaksanakan tugas sehari-hari sebagai seorang Abdi Negara sekaligus Pelayan Masyarakat, namun juga menyerap nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an.

“MTQ Korpri Kabupaten Pringsewu ini merupakan momentum yang sangat tepat dalam rangka memasyarakatkan nilai-nilai Islam yang luhur dan universal berdasarkan kitab suci Al-Quran kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Pringsewu. Ini juga sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Pringsewu, yakni mewujudkan Pringsewu Unggul, Dinamis dan Agamis,” katanya.
Sekda Kabupaten Pringsewu juga meminta para peserta MTQ untuk dapat bermusabaqah secara baik, jujur, fair, dan sportif, dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan. “Menang dan menjadi juara adalah sebuah cita-cita, namun hendaklah jangan dijadikan tujuan utama. Yang terpenting sesungguhnya adalah bagaimana keberhasilan kita dalam -mengaplikasikan-isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai seorang aparatur sipil negara yang beriman, bertaqwa, jujur, disiplin dan professional,” tandasnya.
Hadir dalam kesempatan tersebut, selain sekretaris daerah yang juga ketua LPTQ Kabupaten Pringsewu Budiman, nampak pula para asisten dan staf ahli bupati beserta kepala SKPD Kabupaten Pringsewu, muspida, para camat dan KUPTD, kepala Kementerian Agama Pringsewu, ketua MUI, NU, Muhammadiyah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, serta para peserta aparatur sipil negara di Kabupaten Pringsewu.
Terkait hal tersebut, berdasarkan evaluasi dari MTQ KORPRI ke-I tahun lalu, pada tahun ini peserta SKPD berlomba dengan masing-masing perwakilan SKPD dan pegawai kecamatan, sedangkan untuk aparat pekon berlomba antar aparat pekon. Panitia juga menyiapkan hadiah bagi para pemenang lomba masing-masing juara I, II, dan III yang akan mendapat hadiah berupa piala/tropi , piagam penghargaan, serta uang pembinaan dan souvenir. Sebelumnya, juga dilakukan pelantikan para dewan hakim oleh kepala Kemenag Pringsewu yang berjumlah 17 dewan hakim.
Dikesempatan yang sama, Budiman juga berharap para Pegawai di lingkungan Pemkab Pringsewu yang tergabung dalam KORPRI khususnya dapat mengambil nilai nilai kandungan quran sehingga mempunyai sikap mulia atau akhlaqul karimah sekaligus dapat meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. "Kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif, kegiatan penyelenggaraan MTQ di Kabupaten Pringsewu ini diharapkan menjadi contoh sehingga dengan ini kita harus selalu qur'anis dengan maksud ber-akhlaqul karimah," katanya.
Saya berharap, lanjut sekda, "Terbentuk dan jadilah qori-qoriah terbaik, dan saya sudah sampaikan ke Provinsi bahwa seandainya ada untuk di tingkat Provinsi kita akan ikut serta, dan beliau dari Provinsi mengatakan kaluaupun ditingkat kabupaten kota tidak ada, akan tetapi tingkat nasional ada untuk MTQ KORPRI maka yang mewakili Lampung adalah kabupaten Pringsewu," terangnya.
Di tempat yang sama, Budiman selaku Sekertaris daerah kabupaten Pringsewh mengapresiasi pelaksanaan MTQ tersebut. "Kami bangga dengan kegiatan seperti ini, kepada KORPRI kami harap semoga kedepannya akan selalu berkelanjutan digelar untuk MTQ yang ketiga keempat dan seterusnya," harapnya.
Hal ini diamini oleh Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Pringsewu Emil Riady, bahwa kedepannya akan selalu dilaksanakan. "Kedepan di tahun 2017 insyaAlloh nanti kita akan laksanakan. Sepanjang memang program ini masih ada di KORPRI maka akan tetap kami laksanakan," jelas Emil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar